Menuju Zona Integritas WBK/WBBM, Kanit Sabhara Polsek Tampaksiring Polres Gianyar Memberikan Pelatihan Fungsi Tekhnis Sabhara

Polda Bali – Polres Gianyar – Polsek Tampaksiring, Kanit Sabhara Polsek Tampaksiring Polres Gianyar Iptu I Dewa Made Malyana memimpin pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Sabhara yang digelar di Lapangan Apel Polsek Tampaksiring, Kamis (16/05/19), jam 08.00 wita.

Pelatihan diawasi langsung oleh Kapolsek Tampaksiring AKP I Gusti Putu Dharmanatha, S.H., M.H. diikuti oleh para Kanit, Kasi dan seluruh personil Polsek Tampaksiring Polres Gianyar.

Iptu I Dewa Made Malyana mengatakan tujuan pelaksanaan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas anggota dalam melaksanakan tugas di lapangan, serta untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Adapun materi yang diberikan adalah pelatihan tugas pokok Sabhara yaitu Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Turjagwali) yaitu pengemban tugas preventif atau pencegahan, memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga kamtibmas kondusif dapat tercapai.

Sementara itu, Kapolsek Tampaksiring Polres Gianyar AKP I Gusti Putu Dharmanatha, S.H., M.H. menjelaskan Tugas Pokok Sabhara adalah melaksanakan fungsi Kepolisian tugas preventif terhadap pelanggaran hukum atau gangguan Kamtibmas dengan kegiatan penjagaan, pengawalan dan patroli dengan sasaran pokoknya adalah Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Meniadakan unsur kesempatan atau peluang bagi anggota masyarakat yang berniat melakukan pelanggaran hukum melaksankan tindakan represif tahap awal serta bentuk gangguan kamtibmas. Melaksanakan penegakan hukum terbatas (Gakkumtas),” ungkapnya.

Menurutnya, pelatihan ini adalah dalam rangka mengembangkan SDM Polri agar siap menghadapi tuntutan tugas Polri yang semakin berat dan kompleks ke depannya.

Selain itu, Polsek Tampaksiring dalam membangun Zona Integritas memilik program-program pendukung seperti Polisi Sahabat Pekraman, Sabtu Sehat, Sabtu Bersih, Senin Disiplin dan juga pemasangan CCTV di tempat – tempat pelayanan publik.

Be the first to comment

Leave a Reply