Bhabin Batuan Kaler, Polsek Sukawati, Menghadiri Rapat Musrenbang Bertempat Di Ruang Rapat Kantor Desa Batian Kaler.

Musrenbang Desa Batuan Kaler Kecamatan Sukawati.

Polda Bali, Polres Gianyar, Polsek Sukawati. Dalam rangka penyusunan rancangan rencana kerja Pemerintahan Desa Batuan Kaler (RKPDesa Batuan Kaler) tahun 2020 maka pada hari ini Minggu tanggal 22 September 2019 dari pukul 19.00 wita sampai dengan pukul 21.30 wita bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Batuan Kaler Kecamatan Sukawati telah berlangsung rapat musrenbang Desa Batuan Kaler yang dihadiri oleh : Perbekel Bapak Wayan Suarma, SE, Ketua dan anggota BPD, Ketua dan sekretaris LPM, Kelihan Dinas Sedesa Batuan Kaler, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Bendesa Pakraman Ganggangan Cangi, Ketua TP PKK, Ketua dan sekretaris Karang Taruna, Ketua dan sekretaris Seka Taruna, Danton/Wadanton Linmas dan Tokoh Masyarakat.

Dalam kata pembukaannya MC/Staf Keuangan Desa Batuan Kaler Kadek Ratini, SE mengucapkan Om Swastyastu, Om Awighnam Astu Nammo Siddhiam atas kehadiran undangan dan semua peserta, mengingat pentingnya acara ini agar mengikuti dengan seksama dan bila ada yang meragukan agar ditanyakan sehingga semua menjadi jelas.

Sambutan dan sekaligus rapat secara resmi dibuka oleh Perbekel Bapak Wayan Suarma, SE yang pada intinya menyampaikan bahwa setiap 1 tahun anggaran berjalan perlu adanya musyawarah perencanaan pembangunan untuk hal itu perlu masukan kebutuhan dan hal mendesak yang perlu diagendakan dalam perencanaan dimaksud yang di bagi samarata dimasing masing dusun/banjar, sehingga setiap pelaksanaan dari pembangunan itu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sambutan dari yang mewakili Camat Sukawati Kasi PMD Bapak Kadek Ari J yang pada intinya bahwa mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintahan Desa Batuan Kaler telah melaksanakan rapat musrenbang pada hari ini sehingga pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2020 dapat diacarakan dan diajukan pos pos anggarannya dan bila nanti sudah ada kesepakatan dan saat rapat berikutnya bisa ditetapkan sesuai yang dibahas pada hari ini.

Sambutan dari pendamping desa Bapak Ketut Wata, SE yang pada intinya bahwa pelaksanaan program dalam pembangunan 2019 memprogramkan pembangunan Desa Wisata maka dalam Supra Desa program Desa Wisata untuk perencanaan 2020 agar tetap komitmen dan mencantumkan dalam RKP 2020 Desa Batuan Kaler pengembangan sebagai Desa wisata Budaya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian Program dan Daftar prioritas pembangunan skala desa dalam rencana kerja pemerintah desa Batuan Kaler tahun anggaran 2020 yang disampaikan oleh Sekdes Bapak Wayan Selamet Wahyudi antara lain bidang : -1. Penyelenggaraan Pemerintahan Desa al : -penyelenggaraan belanja, penghasilan tetap,tunjangan dan operasional Pemerintahan Desa. -sarana dan prasarana pemerintahan desa. -Admin kependudukan, pencatatan sipil, statistik dan kearsipan. -Tata Praja pemerintahan, perencanaan, keuangan dan pelaporan. -2. Pelaksanaan Pembangunan Desa al : -pendidikan, -Kesehatan, -pekerjaan umum dan tata ruang, -kawasan pemukiman, -kehutanan dan lingkungan hidup. -3. Pembinaan Kemasyarakatan Desa al : -ketentraman,tibum dan perlindungan masyarakat, -kebudayaan dan keagamaan, -kepemudaan dan olahraga, -kelembagaan masyarakat. -4. Pemberdayaan Masyarakat Desa al : -pertanian dan peternakan, -peningkatan kapasitas Aparatur Desa, -pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan keluarga, -koperasi, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan dukungan penanaman modal. -5. Penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak desa al : -penanggulangan bencana, keadaan darurat, dan keadaan mendesak desa. Kemudian dilanjutkan dengan tanyajawab dan diskusi yang pada intinya pembahasan tadi berupa kesimpulannya dari pos pos anggaran yang akan diajukan yaitu : – penataan lingkungan dan air bersih, – kebersihan lingkungan, penghijauan dan penataan tata ruang setiap dusun dalam rangka persiapan Desa Wisata Budaya, – patroli, pembinaan dan sarana prasarana bidang KAMTIBMAS.

Kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman, situasi

Be the first to comment

Leave a Reply